English

Jalan menjadi Penulis Bahasa Inggris

10 February 2018 ican_course No Comments

Read English version

Bahasa Inggris adalah salah satu bahasa yang paling banyak digunakan di seluruh dunia. Ada lebih dari 1 milyar orang menggunakan bahasa Inggris sebagai alat untuk berkomunikasi, baik itu penduduk asli (yang bahasa Ibunya adalah Bahasa Inggris) maupun yang mempelajarinya sebagai bahasa asing.

Kosakata Bahasa Inggris yang tercatat hingga saat ini tidak kurang dari 900.000 kata, dan mungkin masih akan bertambah. Dengan jumlah kata sebanyak ini, tidak mungkin ada yang bisa menghapal seluruhnya, bahkan seorang ahli bahasa sekalipun.

Tapi jangan khawatir, kamu gak harus menghapal semuanya untuk bisa mahir berbahasa Inggris. Kalau mau jalan-jalan ke Eropa, misalnya, cukup belajar kosakata sehari-hari. Kalau mau jadi dokter, pelajari istilah-istilah kedokteran (dan tentu saja kuliah di jurusan kedokteran), dan lain-lain. Jadi, pelajarilah topik yang ingin kamu kuasai.

 

Empat kemampuan atau skill yang dibutuhkan supaya bisa mahir bahasa apapun adalah kemampuan berbicara, menulis, mendengarkan, dan membaca. Artikel ini (dan mungkin sekitar 10 artikel lainnya dalam seri ini) akan membahas tentang salah satu skill yaitu menulis, khususnya menulis Bahasa Inggris.

Menulis menggunakan Bahasa Inggris bukanlah pekerjaan yang mudah. Kamu harus tau bagaimana cara membuat kalimat yang baik dan benar dengan mempelajari tata bahasa (grammar), dan grammar punya banyak sekali bahasan. Beberapa di antaranya bahkan bisa bikin stress.

Menulis mungkin merupakan hal mudah jika dilakukan untuk bersenang-senang, tetapi bagi sebagian orang seperti mahasiswa, peneliti, psikolog, dan lainnya yang profesinya menuntut mereka untuk menulis esai atau jurnal, menulis itu berat. Tulisan mereka mempengaruhi kredibilitas mereka di bidang tersebut.

Tapi jangan khawatir. Kalau kamu berusaha keras untuk jadi penulis, kamu pasti bisa. Tak ada yang tidak mungkin. Nothing is impossible. Jadikan impossible menjadi I’mpossible. I am possible. Berusahalah, maka kamu akan bisa membuat yang tidak mungkin jadi mungkin.

Wassalaamu’alaykum warahmatullahi wabarakatuh.

Ditulis oleh:  Annisa

 

Referensi:
Wikipedia.com
Salah satu teacher di iCan, Ms. Diah

 

No Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *