Uncategorized

Sukses Bahasa Inggris dengan ‘Find Your Reason”

6 July 2017 Nabila Haqi No Comments

Bahasa Inggris itu susah enggak sih? Susah lah, udah bertahun-tahun belajar masih aja susah ngomong Bahasa Inggris apalagi dengerin native speaker ngomong, susah banget!

Eits, sebenarnya bukan bahasa yang susah dipahami, tapi ada yang salah dengan cara belajarmu! Bahasa itu untuk digunakan, guys! Sementara kita kebanyakan belajar Bahasa Inggris dengan hafalan grammar segunung atau latihan soal-soal berlembar-lembar. Memang itu penting, tapi yang tidak kalah penting adalah bagaimana ilmu itu bisa segera kita pakai.

Sebelum membahas bagaimana cara paling cepat menguasai Bahasa Inggris, terlebih dahulu kita harus tahu pondasinya atau hal dasar dalam belajar Bahasa Inggris.. Tanpa tahu dasar belajar bahasa Inggris, semuanya akan percuma. Kamu nggak mau semua hafalan vocab, grammar dan semua kaidah Bahasa Inggris hilang begitu saja kan?

Percaya atau tidak, kebanyakan pembelajar Bahasa Inggris yang telah bertahun-tahun belajar (bahkan ada yang mulai PAUD) tapi belum bisa berbicara atau memahami Bahasa Inggris karena mereka hanya sekedar belajar, tanpa tahu pondasinya.

Penasaran apa saja sih?

Kasih tau gak ya, hehe.

Pondasi 5W+1H

Pernah belajar tentang 5W+1 H kan ya? Hebatnya, ini bukan sekedar rumus dalam membaca berita, tapi juga bisa buat dasar JAGO ENGLISH! Karena, rata-rata mereka (orang yang bukan native) bisa expert Bahasa Inggris karena mereka PUNYA MINAT YANG BESAR dalam Bahasa Inggris.

Lalu apa hubungannya 5W+1 H dalam belaja Bahasa Inggris? Ini bukan teknik, atau kurikulum belajar English, melainkan suatu pertanyaan mendalam agar kita memiliki penguatan logika yang diserati alasan-alasan. Cekidot!

Untuk memahami hal dasar belajar Bahasa Inggris terlebih dulu kita harus mampu menjawab hal dasar yang terangkum dalam 5w+1h.

  1. What: Apa sih untungnya belajar Bahasa Inggris?
  2. Why: Kenapa harus belajar Bahasa Inggris
  3. When: Kapan harus mulai?
  4. Who: Sama siapa saya harus belajar?
  5. Where: Dimana saya bisa belajar?
  6. How: Bagaimana cara mahir Bahasa Inggris?

Selengkapnya coba pahami infografis berikut

 

 

Setelah pertanyaan-pertanyaan itu ada di pikiran kita, coba kita rumuskan sendiri jawaban yang membuat kita semangat dan termotivasi untuk belajar English! Penulis akan coba berikan gambarannya.

  1. What: Apa sih untungnya belajar Bahasa Inggris?

    Wah banyak banget, kalo dilihat dari sisi ekonomi, pekerjaan yang menjanjikan adalah mereka yang menguasi Bahasa Inggris. Bahkan sekarang pekerjaan level atas direktur, manager bahkan CEO membutuhkan skill ini. Misalnya kamu punya usaha, katakanlah online shop, coba aja jika kamu mahir Bahasa Inggris dan punya jaringan atau komunitas level internasional, wah pasti usaha kamu lebih kereen dan berkembang pesat.

  2. Why: Kenapa harus belajar Bahasa Inggris?

Well, mari kita jawab dengan fakta berikut.

  • Bahasa Inggris digunakan kurangĀ  lebih 400 juta orang di dunia. Artinya jika ingin berkomunikasi dengan mereka, kita HARUS JAGO BAHASA INGGRIS. Saat kamu baca tulisan ini banyak orang berlomba-lomba belajar Bahasa Inggris.
  • Digunakan kurang lebih di 53 negara.
  • Bahasa resmi dalam pertemuan tingkat dunia.
  • Sebagai alat untuk dapat beasiswa dan bersekolah di luar negeri.
  • Masuk kerja jadi lebih gampang!
  • Kalo ada bule nyasar, bisa bantu ngasih petunjuk, hehe.
  • ……………………… (alasanmu?)

Nah, sekarang coba kamu buat alasanmu sendiri, jangan lupa juga jawab pertanyaan-pertanyaan diatas dengan jawabanmu sendiri dengan spesifik, kalau perlu ditulis juga ya.

Terus kalo sudah menjawab pertanyaan diatas, gimana cara mulai belajarnya? Terus caranya gimana biar kita nggak sekedar belajar Bahasa Inggris, tapi juga bisa dapet pahala sebagai orang Islam? semuanya bisa terjawab dengan mengikuti kelas iCan Course. Yuk, gabung sekarang!

 

 

 

 

No Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *